Wednesday, August 23, 2017

REVIEW BTS BON VOYAGE SEASON 2 EP 8 (LAST EPISODE)



Annyeong? Ada yang masih inget sama blog ini ?:” maaf telat update banget yak
Gw sibuk banget jinjja :( maaf buat yang udah nunggu :(( langsung check aja ya episode terakhir mereka

Mereka kumpul disuatu ruangan gitu.. yhaa gituu , maafin taetae yang benerin  celana muluk, td buru-buru sih aku nya :>
Jhope tanya “apa yang bakal dilakuin hari ini? Menulis surat?”
Pdteam jawab mereka nanti bakal nulis surat untuk satu sama lain. Dimulai dari Jimin nulis buat Jhope
Jhope buat suga
Suga buat Jin
Jungkook “jinjja? Bagaimana memutuskan penentuan ini? Berdasarkan umurkah?”
(cerewet dah luu Kook -__- iyain aja pdteam nya ngomong)
Jin nulis buat jungkook
Jungkook nulis buat rapmon (salpok sama antingnya Jungkook wkwk gak keberatan tah dia LOL)
Rapmon nulis buat taehyung
Taehyung “aku menulis untuk Jiminie?” hmmm panggilannya :”
Jungkook “aku harus menggunakan ini” (tangannya sibuk masang gantungan pena ditelinga satunya -___-)
Kata pdteam nya surat nya bakal dibacain pas nanti perjalanan naik kapal, terus mereka harus nulis surat setulus hati mereka
Rapmon “yah!ayo berjanji sebelum menulis surat. Jangan bilang ‘Oh, kau menulis itu!’” jadi maksudnya Rapmon pokoknya kita harus terima apapun yang ditulis sama member nantinya, nggak boleh protes
Jimin “aku baru saja menulis surat untuk Jhope hyung, bolehkah aku menulis yang sama?” (ini ntar jadinya ctrl+c ke ctrl+v -____-)
Jimin “aku juga menulis untuk yoongi hyung”
Rapmon “kapan? Saat ulang tahunnya?”
Suga “aku belum membacanya” njirr wkwk
Jimin “aku takut jika surat yang ku tulis mengerikan” (kok ngakak sii XD)
Suga “hanya ‘Happy birthday, suga’ saja sudah cukup” (okee besok2 kalo ngucapin ultah suga gak usah panjang2 gaes :v)
Jimin “bukankah itu terlalu pendek?”
Suga “ ‘Hyung ... Happy BD’ itu cukup sebenarnya. Aku sedikit tidak nyaman dengan surat” (gak tau kenapa gw ngakak daritadi pas ngetik ini karna gw bayangin pas ultah suga banyak banget ARMY yang ngucapi panjang lebar tapi ternyata Suga nya bodo amat wkwk)
Jimin “aku menyimpulkannya jadi aku akan tetap membuat surat pendek yang cantik”
Suga “surat dari teman dekat membuat ku mengerikan. Tapi aku tidak masalah membaca surat dari fans kita” (eleeh :v)
Jimin “ketika aku menulis. Aku seperti ‘ugh!’ ketika aku menulis kartu ucapan untuk Hoseok. Ini tidak mudah” wkwk
Jhope nulis suratnya misah dari member lain “wahh sekarang aku merasa aneh menulis surat untuk suga hyung” (salpok paha :((
Taehyung nulisnya serius banget
Eaaak :’v
Tebak ini tangan siapaa
Jeyhoooop “ah ini susah. Apa yang kau tulis?”
Kamprett baru sadar mereka depan belakangan :V
Taehyung “dengan sungguh-sungguh” (?)
Jhope “kau menulis untuk siapa?”
Taehyung “aku tidak akan memberitahumu” (ngomongnya kyk anak kecil banget sumpah ><)
Jhope “kau? Aku tau kau menulis untuk Jimin”
Taehyung “kau benar” (dahh tinggalin dua orang gak jelas ini -_-)
Jimin nulis surat juga, tapi kayaknya dia bingung mau nulis apa

Jin juga “aku tidak tahu apa yang ku tulis”


Jungkook “kau dapat menulis apapun yang ada di otakmu”

Suga “biarkan mengalir begitu saja” maksud suga ini tulis-tulis aja apa yang ada dipikiran masing-masing, pokoknya jangan peduli apa yang ntar bakal ditulis
Jungkook “ah aku lapar, ayo makan bersama”
Suga “kau menghitam” (#savagesuga)
Tiba-tiba rapmon dateng , Jungkook tanya “kenapa kau kesini lagi?”
Rapmon “tidak ada tempat untuk membuat surat”
Jimin “hiikk!” gak tau kenapa dah ni orang -___- dia ini buat suara kyk gitu buat Rapmon nah rapmonnya bodo amat
Jimin “aku sangat malu hehehe” lu ngapa sih chim XD
Jimin ngintip ke suratnya Rapmon “Dae.....”
Sama rapmon langsung suruh diem wkwk jahil bener sih
Rapmon dikasih tau sama pdteamnya kalo ada meja didepan kolam renang, akhirnya dia pindah dan bilang “bajuku berkata bahwa aku harus pergi kekolam renang untuk menuis surat” (iya moon iyaaa)
Akhirnya rapmon nulis diluar
 Gak tau kenapa jimin ini >< dia ngintip punya Jungkook gitu amat
Jin yang ngeliat “kau menjadi memata-matai surat yang dibuat. Padahal kau hanya menulis 5 lembar”








Jimin yang gak setuju ngomong “aku menulis 7 surat! Hyung nim ji min im ni da itu sudah 7 suratwkwk tserah lu Chim LOL
Jungkook datengin taehyung dikamar “kau selesai? Untuk siapa kau menulis surat? Jimin?”
Tae “belum. U’um Jiminnie” (pas jungkook dateng tiba-tiba si taehyung nya ini kaget)
Jungkook ngintip suratnya :>
Taehyung “berhenti melihat!~ pergilah”
Tapi jungkook nya ngeyel dan tetep kepo wkwk
Taehyung “pergilah sana! Ahh pergilaaah, dimana sopanmu? pergilah” sambil dorong badannya jungkook pake tangan dan gak mempan  terus pake kaki XD
Jungkook tetep jail gangguin taehyung
Taehyung “yah! Kau ingin kurus?”  (ntah kenapa dia ngancemnya begitu -__-)
Jungkook “ ayolaaah. Aku tidak akan menyusahkanmu. Hanya lihat sedikit”
taehyung “jangan!” wkwk
Jungkook nyamperin tae lagi LOL sih kamu ini Kook XD “aku tidak bisa melihat apapuun”
Taehyung lama-lama geram sama di maknae satu ini haha mampuz lu kook XD
Tae “arghhh! Kau perlu diberi pelajaran!”
Jungkook kabur haha , taehyung nutup pintunya
Jungkook kembali keruang tengah, dia liet punya Jimin
Jimin yang sadar dilietin langsung ngelempar kertasnya ke badan Jungkook nyuruh dia pergi wkwk
Jimin “pergilaah.. pergilah. Aku tidak bisa menulis suratku nanti”
Jungkook akhirnya pergi dan jalan dibelakang Jin “lihatlah siapa yang jalan ini. Kau mengintip surat member lain. Tolong pukul dia!” (ngakak njir XD)
Jimin “ahh ni buruk. Aku tidak bisa menulis lagi” (manja yaa kamu :”)
Jungkook tiba-tiba mijetin bahunya Jin
“ahh enaknya, ah JK!” (mukanyaa ituu tolong kondisikan :’v )
Lagi enak-enaknya dipijet, jungkook tiba2 pergi lagi
Jungkook “aku butuh sesuatu untuk diminum” haha maknae laknat :v
Jin “kau tidak mencoba melemaskan bahuku lagi?” (enak emang ngomonnya)
Mereka harus udah kumpul lagi karna ada jadwal lain. Rapmon dateng dan bilang “ini adalah surat pertama yang kubuat untuk member.tidak dapat dipercaya kalian semua juga menulisnya”
Jin-Jungkook “ini bukan yang pertama kalinya” (yaa gituu maknae sama hyung kompak :v)
Rapmon “ahh jadi aku salah”
Jungkook “aniyaa ini benar pertama kalinya untukmu” (ciyeee JK :”)
Suga “suratku pasti membosankan karna aku menulisnya dengan serius.
Jin yang bakalan dapet surat dari suga jawab “aku alergi dengan keseriusan” hahaaa anjir
Suga yang liet jungkook mukul2 meja pake pena bilang “beri aku dentuman dengan kecepatan 60 bpm”
(backsong BTS – Hiphop Lover)
Suga “yo! Jhope!”
Jungkook “mari mengutamakan Jhope disini”
Suga “jhope terbaik”
Jin “siapa artis korea yang terkenal?”
jungkook “itu Jhope!”
Jhope dengernya ngakak wkwk
Rapmon “artis america terbaik di 2017, J.Cole. dancer terbaik di Korea, J.Black” (hahahaa tserah lu pada dahh XD)
Jin “Hope-ah, aku ingin membeli tas untukmu”

Jhope “kenapa tas?”
Jin “karna kau adalah tasku” (ini plesetan jin yang maksudnya dia ‘kau adalah milikku’)
Jhopenya nyengir aja digombalin sama Jin wkwk
ketawamu mass :"
Mereka udah kumpul semua, dan dibilangin bakal ada pelayaran abis ini. Mereka disuruh siap-siap
--
Taetae si bangkee :((

Ini kapal buat mereka nantinya, kapal ini pribadi. Dikhususin buat member BTS, nggak kayak tahun lalu mereka naik kapal buat umum juga
Taehyung paling depan dan nyapa orangnya “Alohaa~”
Mereka disuruh lepas sepatu sebeum masuk kedalem (jangan salpok sama kaki mulus ya :v)
Taehyung masuk duluan dan ketemu mbak2 nya didalem “I’m Klimt” (siapa tanyaa -___-)
 
Mereka ngecek ke atas, dan ada jaring kyk gini
Jungkook “wah! Apa ini? Tempat tidur gantung?”
Jimin “apa kita akan dapat ikan jika menggunakan ini?” gblk sihh XD
 
Pas mereka nyoba nginjek jaringnya itu, ada musik keputer. Lu liet dah Jimin kumat :v

Mereka didatengin kapten kapalnya namanya kapten Jim
Mereka mratiin kaptennya ngomong, Jeyop gansss sekali :(( 
Nggak tau kenapa gw ngakak mukanya suga XD paham kagak lu
 Yang ngarahin ganti lagi, giliran orang ini yang ngasih tau cara pake pelampung

abis itu Taehyung ngambil selfie bareng member disini
Pas kapalnya baru jalan, tiba-tiba hujan. Tap Jimin tetep dipinggir kapal dan ngelambaikan tangan buat kapal lain (enak kapal dinotice,lu kapan? :v)
Berasa iklan minuman ya bang agus :>
Jhope yang didalem bilang “aku sudah menyiapkan obat jika sakit”
Jin “kau mabuk laut?”

Jungkook bukannya khawatir malah nyanyi “Hopie hyung jangan mabuk laut~~” -____-

Jimin ternyata belum nyelesain suratnya, jadi dia ngetik dulu di hape abis itu sma dia disalin ke kertas smartt  ;)
Karna surat itu buat Jhope jhope tanya “Yah Jimin-ah apa yang sedang kau tulis? Kenapa kau sangat bekerja keras untuk itu?”

Jimin “tidak, tidak tidak.. ini tidak panjang”

Suga “apa yang dia tulis? Apa berhubungan dengan logatmu? Logat Gwangju? ” wkwk anju si suga
Rapmon tetep diatas nikmatin angin lautnya
Dia senandung sendirian lagu ‘Young Forever’ “Oh oh oh~ oh oh oo ooooh~” (suara mu bang Mon :”)
Tiba-tiba Jin bilang “mereka berkata kita ini ‘muda, liar dan bebas’” (iyaa cocok emang sama kelakuan kalian semua :v)
Taehyung naik ke atas









Tae “Captain? May have i drive?” (bolehkah saya menyetir?)
Gw mau terjebak di kapal kalo kaptennya elu Tet :”
Taehyung manggil Rapmon yang dibawah “Namjoon hyung! akan membuatmu selamat sampai ke tempat tujuan”
Rapmon “yah! Apa kau tau apa yang kau lakukan?”
Tae “aku menjadi navigator disini..”
 
Kaptennya tanya “siapa namamu?”
Taehyung “aku ? emmm Renoir”
Kapten “renoir? Um... good” (tapi pasang muka kyk aneh gitu wkwk elu udah ganti berapa nama diBon voyage ini tet?)

Rapmon dapet inspirasi musik dari sini, dia ngerekam pake hapenya dulu mungkin nanti pas sampe di Korea sama dia bakal diolah jadi lagu :” Leader kita mah gituu :))
Taehyung minta di ajarin gimana nyetir nya, terus kaptennya tanya “ingin lebih cepat? Beri tau dia, dia bisa basah”(nunjuk Rapmon)
Tapi taehyungnya mikir dulu sebelum negur rapmon kalo kapalnya mau dicepetin “Umm.... that’s ok. Let’s go!” wkwk mau dicincang sama leader agaknya dia inii
Pas kapalnya dicpetin, Rapmon “eyyy~~ kau terlalu cepat, man!”
 
Taehyung “don’t worry!”
Rapmon “kau menyetir dengan gila, man! Kau pembalap, man! Padahal ini bukan ‘The fast and furious, man!” ngakak denger ocehannya rapmon XD
Seneng ya tet yaaa ^^
Jhope keluar yey “jangan terlalu cepat” (nunjuk ke Taehyung)
Disusul sama Jin juga “Yah!! Menyetirlah dengan hati-hati” uuuuu uri hyungnim
  



Jin “oh jhope jhope hope! Kemarilah” (pose titanic wkwk)
Pengen jadi Jhope :” kalo gak, jadi Jin juga gakpapa :””
Jhope “bagaimana perjalanannya?”
Jin “tolong letakkan tanganmu diketiakku” hahahahaa sumpah mau aja lu Hope :v
Bodo amaat Jin bodooo :’

Jin nyamperin Jhope yang berdiri dibelakangnya terus meluk dia dari depan
Jhope “kau dapat mendengar detak jantungku?”
Kok gw ngakakk XD
Jungkook tiduran dan ngerengek “aku tidak bisa minum dan tidak punya earphones. Aku tidak bisa mendengarkan musik” (aturan di U.S kalo mau minum wine itu umurnya 21 tahun, sedangkan jungkook masih 20 tahun)
Kenapa kameramen ngarahin kesana :’) kan pikiran gw jadi liar :"
Jimin akhirnya udah nyelesain suratnya dan nyusul ke atas juga, dia ngeliet laut sambil nyanyi lagunya sendiri ‘Lie’
Jin nggebukin kaca yang diatasnya, karna ada jhope diluar
Jhope ngelongo kedalem, ternyata sama Jin mau difoto
Suga “ahh jhope yang jelek” (#savagesuga)
Gimana suga gak bilang jelek, fotonya cem ginii wkwk
Ini meeka udah kumpul lagi kedalem, pdteamnya bilang kalo mereka bakal liat sunset disini
Suga “kita setiap hari melihat sunset di Hawaii” (gapapa .. yang penting kalian gak ikut tenggelam *eh)
Staff ngasih hadiah kecil buat mereka
Ternyata staff buat video perjalanan karir mereka selama 5 tahun (so sweet amat sihh staff nya :””)
Jhope”kita melakukan banyak hal ya”
Ada videonya Jimin pas jaman pertama debut dipanggung , Jimin “aku tidak bisa melihatnya” wkwk jaman Jimin masih fetus dan jamannya Jimin masih alay :v
Jhope “disini Jin hyung menangis karena celana dia melorot dipanggung tadi hahaa”
Pas mereka dapet trophy Rookie Award :”
Pas konser pertama mereka :” mereka promosiin ‘Born Singer’ disini
Pas kemenangan pertama comeback ‘I Need U’ 2015 :” 
Disini Jimin belepotan banget make lipsticknya ditambah dia nangis juga wkwk 
 (gw daritadi nahan nangis anjir :’) backsong yang diputer ‘2! 3!’lagu kelemahan gw kwk perjuangan mereka bener2.. dan mereka bahagia bareng , nangis bareng disana :”)
Ini pas performance ‘Dope’ di music bank
Pas promosi ‘Run’
Pas mereka perform pertama kali di Gymnastics Arena
(kenapa taehyung ganssss nya kelewataannnnn)
ini mereka lagi liet pas menang daesang pertama kali di MAMA
and the last... mereka liat promosi ‘Spring Day’
Suga “waaahhh ini 4 tahun yang lalu ya? Kita debut 13 Juni 2013. Waktu berjalan begitu cepat”
Rapmon “hem.. benar. Aku ingat 1 atau dua tahun yang lalu adalah waktu yang keras untuk kita”
Suga “banyak yang terjadi diantara kita selama ini jadi aku lupa apa saja yang terjadi ada di masa lalu” (lahhh :v)
Jimin “melihat video membuat ku kembali berpikir.. ‘ah aku terlihat sangat keren’ tapi ternyata gaya pakaianku berlebihan” (haha jadi inget gaya pakaian jimin dulu, sumveh alay banget -__-)
Rapmon bilang ini semua berawal dari ‘I Need U’ ketika mereka dapet tempat pertama, psikologinya dia makin tertekan karena mikir gimana BTS biar makin terkenal namanya setelah ini. (dan.... lu berhasil memenangkan hati para ARMY bang :”)
Suga bilang pas MAMA award dia liat ekspresi Taehyung lucu kagetnya wkwk
Suga “aku juga kaget, tapi aku hanya senyum lalu saat Rapmon berbicara.. tiba-tiba.. aku flashback ke 2010 saat aku pertama datang ke Seoul tanggal 7 November 2010. Dan tiba-tiba aku teringat bagaimana susahnya aku pergi kesana dan menangis  ....”
Rapmon ngikutin gaya nangis nya Suga pas dipanggung wkwk
Jhope “aku yang ada disampingnya, disebelah kirinya. Di tiba-tiba menutupi mukanya dan bahunya naik turun seperti ini. 
 Jadi aku memebritahunya pelan-pelan ‘hei, kita menang award’” (terharu akutuu sama bang hopiee :”)
Suga berharap “sukses itu bagus. Tapi aku harap kita bertujuh akan selalu bersama-sama dalam melakukan sesuatu tidak peduli 30,40 atau 50 tahun lagi. Makan bersama, bermain bersama, membuat musik tetap bagus  dan perform bersama. Jika kita berada diumur 50 tahun, kita akan seperti ‘ehhhh’ (suara kakek2) “
Terus mereka buat joking seolah mereka udah umur 50 tahun, Jhope “eehhhh apa yang kau lakukan diumur 50 tahun ini? Meminum bir? Eehhh” (suaranya dbuat cem kakek2 wkwk)
Jin “kita selalu bersama selama ini dan jika suatu saat kita tidak bersama seperti perjalanan atau karna urusan pribadi aku merasakannya, merasakan jika member memang benar2 dekat dihatiku secara natural.kalian seperti dompet atau ponsel. Aku akan gugup tanpanya. Ketika aku sendirian aku benar2 memikirkan member seperti pasangan yang romantis” (iyaa kyk kita ya bang :)
*Backsong 4 O’clock by Taehyung&RM (kelemahan gue :’)))))))
Taehyung “kalian ingat? Saat kita kembali dari rumah saat liburan, ketika kita masih trainee. Kita saling membawa makanan untuk member lain, sampai saat ini masih menjadi tradisi kita.”
Jungkook bawa buah-buahan, Jhope bawa semangka (ah pantes lu selalu dipanggil Rapmon ‘petani semangka’ wkwk)
Rapmon bilang dia berharap dimasa depan nanti mereka bisa ngobrol-ngobrol kayak gini lagi, ngomongin apa aja yang  udah dilewain bareng-bareng (iyaaa ngobrolinnya sama pasangan masing2 *nangis sekebon T_T)
Mereka dikasih tau staff kalo saatnya baca surat
Jimin “beri aku seteguk alkohol!” (maksudnya biar dia nggak sadar karna malu hahaha)
Mereka keluar buat baca suratnya
Yoongi baca pertama
Jimin “kenapa aku merasa aneh mendengar Suga hyung menulis surat untuk Jin hyung”
Jin buang napas
Suga “waeyo? Kenapa kau buang napas?” wkwkwk
Jin “tidak,, tidak.. ini pertama kalinya kau menulis surat untuk roomates mu” 
Suga mulai baca suatnya
“Untuk Jinjinjara/Seokjin hyung. Aku adalah roomate abadimu, Suga. Aku tidak percaya sudah 7 tahun sejak kita saling mengenal. Aku ingat saat pertama kali bertemu dengamu. Kau tampak berperilaku baik dan baik hati dn kau tampak begitu ceria, itu mengagetkanku. Aku yakin kebersamaan kita telah membawa perubahan itu.
Sepertinya baru kemarin saat kau merasa khawatir dan tidak percaya diri di atas panggung. Tapi ketika aku melhatmu dipanggung akhir2 ini, aku menyadari betapa baiknya kau bernyanyi. Ini hasil usahamu untuk jangka waktu yang lama. Aku sudah lama memperhatikanmu. Terasa menyentuh saat melihatmu terus mencoba untuk melakukan hal yang lebih baik pada sesuatu yang kurang kau kuasai dengan baik. Aku merasa bahwa aku belajar banyak hal darimu. Mari terus bersama untuk waktu yang lama.
Catatan : Tapi... aku berharap kau bertindak sesuai usiamu”
Jin ketawa denger catatan terakhirnya XD but gaes... kalian bisa liat seberapa kuat usahanya Jin bisa sampe kyk gini dari surat Suga. He is so sweet Sugaa <3
Jin jawab “ aku biasanya tidak membicarakan hal-hal yang serius. Jadi aku tidak tahu bahwa suga memiliki pemikiran yang seperti ini. Mendengar sesuatu yang serius darinya membuatku merasa aneh seperti menggelitik. Aku tidak bisa mengungkapkan hatiku, tapi aku berterimakasih kepadamu karna kau mengatakan seperti itu” :”””
Giliran Jin baca surat buat Jungkook “Hai Jungkook, ini aku. Aku selalu menghargai apa yang kau lakukan. Terima kasih karna memiliki umur mental yang sama sepertiku, ketika aku berusia 26 tahun. Saat aku bepergian denganmu aku teringat sekali lagi betapa kuatnya pukulanmu. Aku akan berbuat lebih baik jadi tolong jangan memukulku lagi, oke? (LOL ngakak njirr ini mah hyung takut maknae XD)
Aku pikir wajahmu menjadi lebih gelap selama disini. Sebagai hyung tertua, aku akan memberimu masker wajah saat kembali ke Korea nanti. Tenangkan kulitmu dengan itu dan juga menenangkan diri dan berhenti berbaring ditempat tidurku, mengambil selfie dan jika kau  tetap berbaring ditempat tidurku lagi mungkin kau akan tidak akan mendapatkan coklat lagi di Hawaii, tapi aku akan melemparmu kedalam lubang api di Korea. Tentu saja , lubang api itu adalah hatiku (eaaaaak) datanglah dan peluk hatiku yang erat. Terimakasih telah menjadi guru dan energi tim. Jungkook kau baik, tampan, kuat, punya tubuh bagus, mata besar, bernyanyi dan menari dengan baik. Jungkook-ah , aku mencintaimu”
Rapmon “Jungkook-ah. Berhenti selfie ditempat tidurnya”
Jungkook “aku akan mendengarkanmu lebih baik mulai sekarang. (terus dulu?? Hmm nakal ya luu) Tidak ada selfi, tidak lagi naik ketempat tidurmu. Aku akan berdiri disampingmu dan mendukungmu”
Jin “tapi sebenarnya aku menyukai selfinya yang selalu dikirim ke grup chat.” (jadi JK ini selfi dikasurnya Jin dan semua selfi nya dia diupload ke grup chat. Wkwk nyepam parah dia ini)
Giliran JK baca suratnya buat Rapmon 
“ Halo hyung. Ini aku maknae BTS, Jungkook. Aku tidak pandai memulis surat jadi aku idak tahu harus mulai darimana tapi ayo dimulai. Ini adalah sesuatu yang selalu aku pikirkan. Aku kemudian terinspirasi ole tim. Aku juga terinspirasi oleh semua anggota, terutama olehmu. Aku memiliki banyak hal yang ingin aku lakukan tapi sepertinya aku tidak pernah bertahan lama. Kalian selalu bercanda tentang itu tapi ketika hal itu diulang, aku merasa benar2 menjadi orang yang baik hati. Kapanpun aku melihatmu bekerja, berbicara atau mengerjakan musik atau berbicara bahasa inggris.aku mengembangkan rasa percaya diri dan gairah ini. Aku juga tahu hal-hal yang bisa dilakukan untukmu juga, tapi tolong terus tunjukkan hal itu untukku. Aku akan terus mengikutimu dari belakang. Hyung benar-benar orang yang luar biasa”
Kamvreeet dua orang ini wkwk
Jungkook kyknya nahan nangis disini gaes.. suara dia diakhir aja agak gemeter gitu, nah skrg dia ngalihin muka :”” jadi inget Jungkook ini kagum banget sama Rapmon, bahkan Jungkook masuk BigHit karena liat Rapmon ngerap :”*
Jawaban Rapmon “sebenarnya tentang Jungkook, aku yakin semua orang akan setuju dengannya. “aku iri dengan Jungkook. Dia selalu tidak bersemangat. Jika kau fokus dan memilih dengan baik, kau bisa mewujudkan apapun. Kau memiliki potensi yang menakjuban. Jadi teruskan saja. Aku ingin lihat bagamana kau menantang dirimu sendiri. Aku hanya ingin lebiih baik,begitulah caranya. Jadi aku ingin kau tetap menjaga energi yang kau miliki. Terima kasih” (salam tempel :”)
Jimin yang denger itu semua bilang “Maknae kita tidak mengatakan banyak, tapi leader kita membuatnya lebih mudah. Ahh tim yang bagus”
Giliran taehyung baca
Taehyung digodain sama hyung2 nya karna dia nulis surat buat sahabat dia (menurut hyung2 nya ini, 95L kompak banget ngapa-ngapain, makanya mereka nyebut 95L itu sahabat dekettttttt banget)
Jimin “ahhhh jinjja!!! Hajimaaaa~~”(Jimin malu wkwk)
Taehyung “aku..aku hanya menulis ini dari hatiku yang paling dalam” (ngusap mata)
Jhope “oooo kau nervous?” taehyung Cuma nyengir aja
Ehh sama Jhope diginiin wkwk
Taehyung “untuk Jimin, Jimin-ah annyeong. Menulis surat ini sebenarnya susah. Tapi aku akan coba lakukan. Tolong mengertilah. Saat kita masih trainee, kita datang ke Seoul tanpa apa-apa. Kita bangun, mengenakan seragam yang sama dan bersekolah ditempat yang sama. Kita makan bersama, pergi ke tempat latihan dan kembali ke dorm bersama. Bahkan kita berjalan ditengah malam bersama. Setelah 6 tahun berteman denganmu, kau adalah satu-satunya yang menangis dan  tertawa bersamaku, aku sangat senang bisa debut denganmu. Saat aku ada pertemuan dengan perusahaan, mereka menanyaiku bagaimana rasanya mempunyai seorang seperti Jmin dalam tim? Dan aku menjawab padaa mereka bahwa aku sangat bahagia.  Kau selalu ada disini ketika aku diatas dan dibawah. Aku berkata bahwa kau adalah teman debut terbaikku. Semua kenangan kita membuatku bahagia.
Lalu... aku minta maaf, karna aku hanya menerima. Kau menangis dikamar mandi bersamaku, kau menerima aku apa adanya, kau selalu mendengarkan keluhanku, kau selalu mengerti aku, mari kita berjalan dijalan yang penuh kebahagiaan, aku mencintaimu. Kau selalu mengkhawatirkanku, aku selalu dipikiranmu dan kau selalu datang padaku diwaktu fajar untuk tertawa bersamaku.”
Taehyung nangis gaesss T_T dia bener2 serius buat suratnyaa ,anjiirrr ikutan mewek gw . b aru pertama ini liat Taehyung nangis sampe segininya :’((
Jimin “aku bahkan tidak tahu jika kau berpkiran seperti itu. Banyak orang mengira jika Taehyung hanya menerima, tapi bagiku dia teman yang sangat luar biasa untukku, berhentilah menangis!hahahaa”
:”((
Suga “aku iri dengan Jungkook, Rapmon, Taehyung dan Jimin karena aku tidak empunyai umur yang sama denganku, 93L. Melihat kalian membuat ku berpikir tentang bagaimana sahabat yang baik itu. Kalian sangat dekat dalam segala hal tapi aku memulai . kau menulis surat yang bagus. Kenapa kau malah menangis? Jin dan aku hanya berjarak 3 bulan.”
Jin “jadi apa? Kau ingin menjatuhkan kehormatan? Teruskanlah!!”(gaya marah Jin lu tau sendiri kan :v)
Rapmon ngakak liat Suga sama Jin , “aku dan Jhope hanya berjarak 7 bulan”
Rapmon menulis surat untk Taehyung, taehyung masih merah matanya :”) Don’t cry Taetae :**
Rapmon “ Taehyung-ah, surat pertamaku datang kepadamu. Ini membuatku merasakan campuran emosi. Seperti kerikil yang telah kita lihat di isi hati kita di Hawaii, sulit untuk memilih apa yang ingin aku katakan padamu. Seperti laut lepas yang telah kita nikmati, mungkin karena kita pergi jauh dengan banyak kenangan yang kita bagi. Aku ingat saat pertama kali bertemu denganmu, ketika kau datang dengan ayahmu ke dorm dengan mata besar, kaki yang sibuk, bibirmu yang mengerucut (pout) aku langsung merasa bahwa kau akan mejadi anak ‘nakal’ hahaa. Aku juga ingat bagaimana cemasnya kau sebelum kita debut.
Karakter dan keanehanmu yang unik membuatku bingung. Jadi aku bertanya-tanya apa aspek darimu membantumu untuk menanggung segala sesuatu dikali. Tapi seiring berjalannya waktu dan rambutku mulai tumbuh, aku menyadari bahwa bahkan aku yang menurutku adalah normal juga pria aneh yang membingungkan. Dan aku tertarik dengan keunikanmu. Dan aku iri padamu karna kau dengan mudahnya berteman dengan orang lain dan semua orang menyukaimu. Kau telah menunjukkan kepada semua orang bahwa keanehanmu sebenarnya adalah pesona unikmu.
Mungkin mengatakan ini membuatmu merasa ngeri tapi sejak kau mulai menjadi trainee, aku ingin mengatakan bahwa aku berterimakasih kepadamu sebagai teman dan anggota yang lebih tua. Terima kasih karna tidak bermain bola basket atau saksofon dan mendatangi kami untuk melengkapi BTS. Mari kita tetap bekerja dengan baik. Tetap bertahan!” (aku gagal paham :” bahasanya tinggi njirr, pake kiasan :’V)
Sumpah ekspresi taetae daritadi gak berubah.. tetep merah gitu matanya :””
Jungkook “puisinya waahhhh”
Jin “leader tim kita mengeluarkan otaknya.”
Jimin  “Itu akan membuat fans susah untuk mengerti suratnya. Kita saja hanya mengerti beberapa part” (kadang lu suka bener Chim :’v)
Rapmon “sebelum debut , taehyung berkata ini ‘bisakah aku menerima cinta dari orang seperti kalian?’ (sumpah ini brasa drama :”) Guru Seongdeuk selalu berkata Taehyung akan melakukannya. Tapi aku ragu-ragu, aku tidak mengerti mengapa orang terus berbicara tentang taehyung. Tapi dia memperlihatkan semuanya, dia adalah member yang keren. Dia mengambil part banyak part di BTS. Jadi aku bangga dengannya.”
Taehyung jawab “sejujurnya.. aku berbicara banyak dengan Rapmon hyung. Aku mengunjungi ruangannya dan bercerita apa yang aku khawatirkan. Apa yang dia katakan membuatku nyaman. “
Giliran Jhope baca suratnyaa, si Jimin ngerapetin kakinya , ngerasa geli sendiri sebelum denger suratnya wkwk
Jhope “untuk my bro Suga (swaggg) 
ini aku Hoseok. Kita bersama selama 7 tahun, sejak kita trainee. Ketika aku pertama ke dorm, au merasa canggung dan malu. Jadi aku tinggal  di ruang tamu untuk sementara, lalu kau datang untuk berbicara padaku dan membuatku santai.  Aku tidak akan melupakan momen itu.
senyummu bang :""
duhh diabetess
 Datang dari Gwangju, kau adalah juru selamatku. Ketka aku sakit atau sedih, kau selalu disisiku. Ketika aku lelah dan mencoba lebih keras, kau disana memberiku kekuatan. Ketika aku mabuk laut di Bon Voyage 2 ini dan membuka mataku dari tidurku, orang pertama yang aku lihat adalah kau,-“(mukul pundak Jimin yang ketawa ngakak belakangin Jhope LOL)
 
Jhope ngelanjutin “aku tidak bisa berkata lagi, tapi aku sungguh tertolong karenamu. Berapa banyak kita menhabiskan waktu bersama. Aku sangat mberterimakasih padamu. Aku berkata, aku menyukaimu lewat surat ini. Terima kasih telah menjadi member BTS dan terimakasih telah menjadi hyungnimku. Aku harap kau selalu disisiku. I love my bro! Eyyy~”
Jhope nambahin “inilah alasan kenapa aku berkata dia menolongku ketika aku sakit atau sedih. Dia berkata ‘ya! Ayo periksakan dirimu ke rumah sakit’ dia selaluu berkata seperti itu selama 7 tahun.”
Suga “ini karna Hopie orang kedua yang bergabung (dengan BTS)  setelahku”
Jhope “Aku selalu mengikutinya saat itu, aku duduk disebelahnya ketika ia bekerja. Kalian tau ruangan yang dulu itu kan? Aku dulu berjongkok melihatnya membuat lagu. Wahh dia sangat keren”
Suga tiba-tiba teriak ke laut “arggggghhhhhhhh~~~~~~~~~~” hahahahaa ntah saking senengnya atau saking malunya kagak tau gue XD api dia lucu bet kyk salting gitu pas dibacain surat wkwk
Jhope tiba2 liat pelangi di langit ^^ pas banget mereka lagi bacain surat begini :”
Semua nungguin Jimin yang dapet giliran terakhir baca wkwk
Tapi jimin meluk diri sendiri karna saking malunya :’D
Jhope “aku hanya menerima surat darinya saat ulang tahun”
Jiminnnnnn gemes amat liat kelakuanmu XD gregett banget kyknya dia  mau baca doang LOL
Jhope “kau sepertinya malu sekali... aku akan mendengarkanmu”
Jimin “untuk.. Hoseok hyung- hihihihiii“ dia langsung gemes sendiri wkwkwk
Jimin tetep ngelanjutin “aku pikir ini mudah karna bkan pertama kalinya aku menulis ini. Tapi ternyata aku salah. Aku gugup. Karna kita berbicara banyak dan aku akan berbicara tentang perasaanku padamu. Aku tebak kau tau dengan baik apa yang akan aku bicarakan. Ketika aku melihatmu, aku merasa seperti ‘dia orang yang jujur dan setia’ ‘dia orang yang baik’aku sangat berterima kasih untukmu. Sebagai adikmu dan member yang sama dengan tim, aku mempelajari banyak darimu. Kau selalu peduli dengan kita. Kau selalu memperhatikan kita dan bkerja keras. Aku tahu itu.
Aku ingin berkata terimakasih dengan seluruh hatiku. Terimakasih hyung! Aku harap kau peduli juga dengan dirimu sendiri dan berhenti khawatir dengan kami. Hyung yang ku sayangi, aku selalu berterima kasih untukmu, aku mencintaimu”
Jhope be like :
Pas Jhope nyalamin Jimin, Jiminnya kek gini : (wkwk)
 
Jhope jawab “aku selalu ingin meningkatkan kedekatan kita. Aku bangga mereka mengakui usaha kita dan mereka berterimakasih denganku. Terimakasih, brother”
Selesai mereka bacain suratnyaaa~~
mereka liat sunset disini
Jhope “mereka seperti sinar yang dipanggil BTS yang dapat membelah langit engan cahayanya” (iyeee bang iyeee :v)
Suga “ini sudah mau akhir bulan. Adakah harapan kalian masing-masing?”
Rapmon tanya “Lagumu akan segera rilis bukan. Itukah yang ingin kau bicarakan?”
Suga “itu akan segera keluar.” (jadi Rapmon tau apa yang bakal diomongin Suga kalo ditanya tentang harapan wkwk)
Rapmon “Lagu Suran ft Changmo diproduksi oleh Suga. Judulnya ‘Wine’ yeoreobun..” (mulutnya Rapmon ember emang wkwk tapi udah rilis kok lagu itu:))
Suga “bukan itu yang ingin aku bicarakan... kalian ingat di Bon Voyage 1 saat di Rumah Santa? Keinginan kita yang kita tulis disana terkabul selama 5-6 bulanan.”
Jin “Aku berharap kita bisa bertemu di umur 40/50 tahun dalam perjalanan seperti ini lagi. Minum bersama”
Rapmon “saat itu, apakah kau ingat 20 tahun yang lalu?” (maksudnya kalo umur 40an apa Jin inget apa yang udah dia omongin disini)
Suga “kita sudah menjadi paman yang gendut “ngakakk njirr
Jungkook “aku akan bekerja keras kalau begitu” (Jungkook gak mau gendut maksudnya)
Member bilang kalo mereka pengen liburan bareng tapi di Korea, di masing-masing tempat tinggalnya tanpa ada kamera.
Jhope “ayo buat Bon Voyage 3”
Suga bilang harapannya tahun ini BTS masuk billboard. Aku tidak yakin kita bisa. Jika kita tidak bisa, hanya potong  part ini. Jika bisa, biarkan part ini dimunculkan. Oh ya, kami berterima kasih kepada kalian karna kami bisa mendapat Social Artist Awards di Billboard”
Rapmon “dia gila hahaha” (ohh gw ngeh :v jadi mereka itu syuting pas mereka masih masuk nominasi billboard, tapi Suga udah ngucapin makasih duluan seolah mereka udah menang wkwk)
Suga “ah kenapa? Ini akan diedit jika kita tidak menang. Namun jika kita menang, aku akan berteriak, ARMY! Thankyou!”
Rapmon “yaa kita masuk nominasi billboard , aku ingin menang. Aku harap bisa membuka lembaran baru di sejarah K-Pop.  Aku harap bisa melhat album kita di Hot 100. Berharap menang di Billboard 200” (gimana ARMY? Udah siap voting nih? :’)))
Jhope “ayo semangat dan menangkan 2 daesang tahun ini!”
Jimin “aku berharap semua orang bahagia. Kita bekerja keras untuk menjadi bahagia kan?”
Jungkook ngambil foto sunset disini
Sunset nya emang keren banget :((
Taehyung balik ke atas lagi, “Are u ready?”
Ternyata Jungkook nyetel lagu ‘Dont Let me Down by Chainsmokers’ njayyy kelakuan mereka ><
Berasa DJ ya mass :”
DJ nya ganti :v “Suga, suga, perjalanan kapal dengan Suga~ ini adalah Suga, suga, let’s get it party with Suga~”
Sama taetae diambil lagi haha “semuanya kalian siap?”
Jungkook nyetel lagu ‘Save Me’ , kalian tau kan gaya khas jimin diawal lagu? Nah Rapmon sama Jin ngikutin gayanya wkwk
Kenapa kegantengannya gak ngurang :”
Dahh gitu kalo mereka udah jadi satu
Jimin sama Taehyung naik ke atas
Mereka ngedance yang pas bagian Rapmon ngerap (duhh suka iri sama kompaknya mereka:”)
Hyung memang beda :v
Pas akhir lagu taehyung teriak “sarangaheyooooooooo!!!!”
naddooooooooo :"
Ada kata-kata dari editornya ::
“Setelah waktu yang ramai”
“Dipemandangan indah lautan”
“para member menikmati saat ini”
“untuk berada diatas”
“mereka bekerja tanpa lelah”
“meninggalkan jadwal sibuk mereka”
“mereka menikmati minggu spesial mereka di Hawaii”
“Dan..hari ini, mereka menyadari betapa istimewanya mereka saling bertemu”
“Mari kita berharap bahwa semua kenangan ini sekali lagi akan memberi mereka kekuatan untuk bertahan” (kok gw terhuraa :”)
BTS BON VOYAGE 2 IN HAWAII
------------------------------------------------------------------------------------------------
Jungkook Interview : Momen yang aku ingat? Banyak momen disetiap saatnya. Menyelam, melihat hiu, berselancar.. aku  ingat karna aku menyukai olahraga air dan itu menyenangkan. Museum, tur helikopter, dan perjalanan kapal itu sangat membekas dihatiku. (Jungkook ditanya gimana sama perjalanannya) Situasi ini membuat kita menjadi merasakan apa yang member lain rasakan. Aku menyukai perjalanan bersama teman, itu sangat berbeda.
Kenangan seperti berlalu dengan cepat dihadapanku, aku jadi mengingat fans. Mereka yang membuat kita menjadi seperti ini dan menolong kita sampai kejalan ini. Untuk BON VOYAGE Season 2, aku menjadi tambah gemuk dan berulit gelap(tapi gw bener2 suka badan JK disini, bugar banget seriuss :*) aku harap segera adakan BON VOYAGE season 3. Aku ingin selanjutnya di Africa” (maknae emang bedaaa :”)
----------------------------------------------------------------------------------------------
Jimin : “kita berbicara tentang Hawaii disetiap waktu, kita berbicara bagaimana panta disana. Ketika kita mendengar bahwa kita akan ke Hawaii, aku seperti ‘sungguh??’ rasanya tidak dipercaya. Aku suka melihat langit malam. Aku suka bintang. Kita pergi ke observatory untuk melihat bintang . dan itu sangat dingin, member berkata kita harus pergi setelah 10 menit. Aku sangat sedih, aku ingin mengingat pemandangan ini selamanya.  
(Jimin ditanya tentang surat taehyung) Aku pikir tidak ada yang tau perasaanku seperti apa. Fans kita pun sering melihatku bersama taehyung tapi sebenarnya mereka tidak tau apa yang aku rasakan.
Kita akan selalu bersama dan berbagi jadwal. Kita tidak akan egois. Kita tidak memiliki waktu untuk itu. Jika member memiliki jadwal yang berbeda mereka harus diingatkan untuk istirahat. Tidak ada waktu untuk makan sendiri-sendiri atau pergi ketempat lain sendiri. Kita pasti mengajak 2 atau 3 ketika pergi. Saat kita kembali dari Eropa, kita mengalami banyak hal baik dan buruk. Aku mengerti mengapa taehyung menangis ketika membaca suratnya. Dan aku sepenuhnya mengerti mengapa ia ingin berkata seperti itu. Jadi aku berpikir, dia tidak bicara banyak, aku hanya bisa mengerti perasaannya. Jika kau dekat dengan seseorang, orang lain tidak akan tau bagaimana orang itu kecuali kau yang mengatakannya. Kita tahu bagaimana cara memahami perasaan satu sama lain, aku rasa sudah dijelaskan semua diacara ini. Aku percaya kita akan bersama sampai akhir”
-- ---------------------------------------------------------------------------------------------
Jin : “Aku telah menyebut ‘Hawaii’ sejak pertama kita debut, dan akhirnya kita pergi kesana. Hal yang berkesan? saat di rumah kedua di Big Island, ketika tokek datang ke ruangan kita.. (terus flashback pas mereka dibuat ribet karna ada tokek di dalem kamar wkwk)
Kamarnya udah berantakan tapi tokeknya gak ada haha
(Jin ditanya tentang surat untuk member) Jika kau sangat dekat dengan seseorang, kau tidak akan berbicara sesuatu yang serius. Ketika kita dekat satu sama lain, kita akan bertengkar (becanda maksudnya) jadi tidak ada ruang untuk bicara serius. Aku ingin mengungkapkannya pada member lain bagaimana perasaanku. Tapi ada program ini membuat ku bisa membagi apa yang aku rasakan.
Ini luar biasa. Aku bangga dengan pengalaman ini, terimakasih semuanya"
-- ----------------------------------------------------------------------------------------
Jhope : “kalian tau kalung bunga? Bunga yang ada dileher dan menggunakannya tanpa memakai baju. Aku merasa tubuhku reflek seperti orang asli Hawaii dan ingin berkata ‘Alohaa’ terus menerus. Aghhh hanya beberapa hewan aku menyukainya. Aku dengar bahwa tokek tidak mengigit manusia. Tapi itu terlihat auuughh..,,, terlihat menakutkan. Aku berpikir jika hewan itu ada dirumah pasti sudah menggemparkan isi rumah.  (Jhope ditanya kapan rilis mixtape) aku rasa aku akan segera melakukannya saat kita kembali. Aku dengar Suga hyung menulis ‘Give It To Me’ saat kita di Eropa. Sebenarnya diperjalanan Hawaii ini, aku mendapat inspirasi juga dari panasnya Hawaii dan menulis beberapa lirik. Kita berbicara untuk membongkar kecanggungan. Aku rasa itu sangat berarti. 
Aku tidak pernah berpikir bisa bersama dengan Suga, tapi itu menyenangkan. Aku berbicara banyak dengan Rapmon, aku pikir itu pertama kalinya kita berbicara serius didepan kamera.
 
Banyak memori yang kita lakukan disini, untuk staff BON VOYAGE Season 2 dan V LIVE, terima kasih”
-- --------------------------------------------------------------------------------
Taehyung “aku menyadari mengapa orang begitu jatuh cinta dengan berselancar. Dipantai sana, ketika orang pergi ke arah ombak, ombak akan membuat santai orang itu. Aku merasakan lebih baik dan mempelajari ombak itu. Menyelam juga bagus. Ketika aku masih kecil, aku mempelajari bagaimana cara menyelam. Ternyata itu sangat berguna saat ini. Menyelam tidaklah sulit.
 Menggunakan kalung persahabatan, gelang persahabatan, membeli pena persahabatan, itu hal yang  pertama kita lakukan. Kita tidak pernah melakukannya sebelumnya. Ini baru dan aku menyukainya.
Aku sangat ramah didepan orang lain. Aku tidak ingin berbagi rahasiaku dengan yang lain. Hanya Jimin satu-satunya orang yang aku percayai. Ketika aku merasa jatuh, jimin datang keruanganku dan menangis bersamaku.  Aku harus berterima kasih kepadanya setiap waktu. Tapi aku belum mengucapkannya. Maka dari itu aku mengucapkannya disini, aku ingin berkata terimakasih telah bersamaku.
Aku sangat berterimakasih kepada kalian, aku akan bekerja lebih keras lagi. Dan membuat panggung lebih heboh lagi dan membuat tujuan itu tercapai.
-----------------------------------------------------------------------------------------------
Rapmon : “Di mauna kea observatory, itu terlihat seperti galaksi didepan mataku. Aku jadi merindukan beberapa hal. Aku tidak pernah melihat bulan bersinar. Aku sadar sekali lagi aku tinggal didunia yang kecil. Aku pikir aku harus memperluas pandanganku. Aku percaya.. aku berterimakasih kepa member dan fans. Dan orang-orang yang berada dibelakang kita. Sesuatu yang sering aku minta bantuannya, meminta apresiasi, aku pikir kami diberi kesempatan untuk tetap berditi sekali lagi. Aku rasa tinggal  disini akan seperti orang Hawaii, ketika kembali ke Seoul akan seperti orang Seoul. Suatu hari aku ingin menjadi orang Hawaii, hanya ingin."
 -------------------------------------------------------------------------------------------------
Suga : (suga ditanya apa dia buat lagu di perjalanan ini) “yaa, aku melakukannya lagi. Sebenarnya baik bekerja distudio, tapi ku pikir baik juga saat bekerja diluar, berpindah tempat kesana kemari. Sampai aku tidak bisa berkonsentrasi, aku selalu berkata ini adalah pekerjaan produser. Tapi merefreshing dirikusendiri bisa membuatku menulis lagu yang bagus. Aku menulis banyak nada dijalan.  Aku mencoba mengingat kejadian bermacam-macam. Aku pikir itu menolongku bekerja. Aku selalu merepotkan, tidak sabaran, dan menyeret sesuatu (?). aku merasa sering lelah, tapi ketika kami sibuk, kami akan mencari kesempatan untuk berkumpul. Suatu saat bersama mereka, aku sering lupa, siapa aku, dan dimana aku. Pemandangan di hawaii benar2 membuat nyaman. “
-----------------------THE END------------------------
dahhh!! kelar janji gw buat review sampe akhir :)) Cieee yang selesaiiii wahhhhh gw ngereview selesai jam 02.00 malem gilak ngejer target >,< maaf kalo ada typo dan kalimat yang berantakan, itu karna gw translit sendiri selama ini, kalian tau betapa lelahnya gw buat review ini :” microsoft word restore sebelah kiri, video restore sebelah kanan, kamus ditengah dan perdetik itu gw jeda sedangkan durasi video sejam semua. Soo kalian bisa tau gimana lamanya buat ini :”)
Thanks banget yang udah ngikutin review sampe episode terakhir :*
thanks yang udah ninggalin jejak :*
thanks yang udah jadi pembaca gelap :* (tobat gaes :v)
thanks yang udah nyemangatin disosmed~
antusias kalian bener2 gw acungin jempol :))
Kalian pasti mau video BON VOYAGE SEASON 2 kan?  ->>Download Disini
Annyeooooooooooooong~~~~~ saranghaeyoooooooooo~~~~~~ (^3^)~

Share this

ShareShareTweet

Just someone who proud to be called as Blogger, love to make Blogger template to spend a spare time.

Related : REVIEW BTS BON VOYAGE SEASON 2 EP 8 (LAST EPISODE)

24 comments

Gumao review nya selama ini, :) aku pengunjung setia blog ini.

wahhh...gak kerasa udh last episode..makasih banyak buat reviewnya dari awal. fighting!. semoga proses wisudanya lancar...ihir...

��Surat dariku untuk mimin ter-luarbiasa ini~~

Hal pertama yang selalu jadi rutinitas adalah merefresh blog ini setiap hari siapa tau uda ada review buat ep terakhir dan ternyata... uhh�� Awalnya sih uda mikir "ah pasti miminnya masih sibuk jadi belum bisa update hari ini:" selalu kepikir gitu��
Kata Terimakasih uda jadi kata terfavorit ku buat mimin.. terimakasih banyaaakk�� Terimakasih uda mau nyisihin waktunya buat kita yang kismin koin dan kismin pengetahuan akan bahasa ini, Terimakasih uda mau berjuang sampai last ep dan Terimakasih atas kerja kerasnya selama ini.. bahagia selalu ya min�� Semoga bisa ketemu lagi di bv 3 yaa
Terimakasih❤

This comment has been removed by the author.

duhhh sweet sekali suratnya :")
makasih dah jadi pengunjung setia disini buat nungguin updetan blog :" terhura akutuu..

amiin.. duh makasih doanyaa :*

Akhirnya... diposting jugaaaa. maakasih min.

hal yang sama aku lakuin kayak qweenday. kwkwk refresh blog ini mele. epsiode 8 udah lama punya, tapi belum aku tonton. karena aku lebih menikmati abca dulu, paham mereka maunya apa, baru deh nonton mereka tanpa menghiraukan subtitle wkwkwk. terima kasih, ayu/ika/danny. aku tau banget ini adalah proses yang panjang. capture video, nerjemahin, nyeritain pakai bahasa sendiri. wkwk tapi bahagia. asliikk, aku ikut bahagia. love youuu deh :*

Setelah sekian lama buka tutup blog ini nungguin eps 8 akhirnya dipost juga :') makasih kak udah meluangkan waktu buat bikin review, meskipun sibuk tapi masih disempet sempetin. Makasih banyak pokoknya 😭😍

Kalo ada videonya yang sub indo ya.. Makasih udah selalu nge-review

Maaf sub indo gak ada, kalo mau sub indo kamu bisa baca reviewku :))

Wahhh terimakasih min atas review bts BV, oh ya ini pertama kalinya aku comment disini maaf ya min baru pertama kali comment maaf sekali lagi, jujur hampir tiap hari aku cek ini blog (saking nunggunya review-an dari mimin), dan mnurut pndapat aku ya review-an mimin tuh asekkkkk krna bahasanya gak rumit, dn trkadang bkin ku ngakak malem malem gegara baca review-an mimin, terimakasih ya mimin, semangatttt terussss ❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤

mantaap reviewnya... di tunggu uploadan videonya yaaaaa.. :)

mimin cantik makasi reviewnya,blog yg kereeen bgt,khususnya buat aku yg newbie..nyesel npa bru kenal BTS di era DNA ,tu pun krn kepincut ama taetae ..Bangtan luar biasaa..!! utk mimin,semangaaatt upload videonya,ditunggu yaa

Kamu sepertinya juga harus dapat penghargaan😅hasil kerja keras km memuaskan...thank to Army, u r the best 😍 good joob.its amazing and i like it.

Sudah di upload videonya 😘

Mksh min ats review ny.. Oya video ny dmn min? Dn stu lg ak ska bgt sm gya tlisnny min u're the best😍😊

Mksh min ats review ny.. Oya video ny dmn min? Dn stu lg ak ska bgt sm gya tlisnny min u're the best😍😊

Ga percaya gw ternyata ngikutin banget postingan bon voyage hinih sampe ahir..... semula gw nyangkal banget kalo jadi fangirl itu menyenangkan, jirrr gegara bocah2 bangtan ini semua teori gw tentang boyband kpop terpatahkan, awalnya gw ogah disebut ARMY tapi karna adek2 gw sering banget ngomongin nih bocah2 bangtan jadilah gw update status jadi fangirl musiman (kheuseus BTS only, secara ngikutin 7 dedek ganteng kek mreka aja udah cukup lah) jiahhhh officially ARMY deh sekarang (meskipun masih gadungan)....
So...... intinya gw suka sama postingannya min, menghibur banget, khas ARMY, keep going spread the happiness all over the world